-->

Lakukan Ini Bila Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Akhir simpulan ini dunia maya sedang dibuat heboh dengan maraknya media sosial. Hampir semua pengguna ponsel pandai memiliki satu atau lebih akun media umum dan setiap ketika berinteraksi di media umum yang beliau ikuti.

Sayangnya, media umum juga menjadi salah satu "penganggu' konsentrasi yang paling serius ketika seseorang bekerja atau belajar. Tidak sedikit karyawan yang meninggalkan pekerjaan pokoknya alasannya asyik bercengkrama di media sosial.

Kehilangan fokus ketika bekerja tentu akan kuat pada produktivitas. Pekerjaan yang harusnya selesai dalam beberapa jam, menjadi molor hanya gara gara keasyikan main internet atau mengalami gangguan konsentrasi yang lain.

Berikut beberapa tips yang mampu dilakukan semoga kita mampu tetap fokus dan berkonsentrasi ketika bekerja:

1. Mendengarkan musik yang lembut

Ketika berada di lingkungan yang bising, kita susah untuk fokus terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Cobalah mendengarkan musik yang lembut sehingga gangguan dari kebisingan dunia luar mampu diminimalisir dan kau mampu kembali fokus bekerja. Mendengarkan musik juga mampu mengurangi masuknya percakapan yang tidak penting ke telinga.

2. Buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan

Buatlah maksimal 2 catatan atau daftar pekerjaan yang harus kau selesaikan hari ini. Jangan memasukan hal hal yang mampu kau tunda dan mampu menganggu fokus kau terhadap pekerjaan utama. Jauhkan catatan catatan diluar pekerjaan utama dari pandangan mata.

3. Tutup 'tab' peramban yang tidak penting

Bila pekerjaanmu menuntut untuk membuka peramban atau browser internet, tutuplah tab yang tidak bekerjasama dengan pekerjaanmu. Tab pemanis yang tidak penting hanya akan merusak konsentrasimu dalam bekerja.

4. Singkirkan gangguan

Media sosial, ponsel pandai yaitu pengganggu utama ketika bekerja. Menyingkirkan pengganggu ini ketika bekerja memiliki dampak yang sangat nyata dalam produktivitas.

5. Selalu berpikir nyata ihwal diri sendiri

Berpikir nyata dan bersyukur dengan apa yang telah kau capai mampu menjadi motivasi untuk capaian berikutnya. Bila kau sudah termotivasi maka kau akan fokus dalam mengerjakan pekerjaanmu untuk mencapai tujuan berikutnya.

6. Minum air yang cukup

Tubuh yang tercukupi kebutuhan airnya akan selalu optimal diajak bekerja. Menurut studi, dehidrasi atau kekurangan cairan membuat otak sulit untuk diajak konsentrasi.

7. Berjalan berkeliling

Manusia tidak diciptakan untuk duduk sepanjang hari. Cobalah untuk bergerak secara rutin di sela sela pekerjaan untuk melemaskan otot yang mulai menengang dan melancarkan pedoman darah ke otak. Dengan otot yang rileks dan otak penuh dengan oksigen maka fokus ke pekerjaan mampu lebih baik.

 

Start typing and press Enter to search