-->

Dampak Negatif Untuk Kesehatan Akibat Tidur Berlebihan

Dampak Negatif Untuk Kesehatan Akibat Tidur Berlebihan

Dampak Negatif Untuk Kesehatan Akibat Tidur Berlebihan - Tidur ialah salah satu acara alamiah untuk setiap orang atau mahluk hidup. Seperti yang telah diketahui bahwa insan menghabiskan sepertiga waktunya untuk tidur. Pada umumnya kita akan tertidur karena beberapa faktor, namun yang paling sering membuat insan ingin tidur ialah faktor kelelahan. Sementara itu untuk tidur pada malam hari merupakan suatu kebiasaan sekaligus kebutuhan.

Lantas bagaimana apabila tidur kita lebih dari cukup atau sering disebut berlebihan?

"Seseorang yang tidur lebh dari 10 jam perhari pada umumnya ia mempunyai profil kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 sampai 8 jam perhari," kata Susan Redline, MD, MPH, profesor kedokteran tidur di Harvard.

Berikut dibawah ini beberapa dampak negatif untuk kesehatan akhir tidur berlebihan.

1. Obesitas dan Kelelahan

Mungkin ini terlihat mengeherankan karna tidurkan istirahat tapi dapat menyebabkan kelelahan. Hal itu karena semakin lama anda tertidur, maka suhu badan akan semakin rendah, yang pada kesudahannya dapat menyebabkan kelelahan ekstrim dan kelesuan saat bangun.

Tidur berlebihan juga dapat membuat Anda lebih berisiko terkena obesitas, hal tersebut karena badan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dari tidur dan mulai memperabukan kalori secara normal.

2. Depresi

Depresi merupakan resiko yang paling umum untuk setiap orang yang kelebihan tidur. Mungkin hal ini terjadi karena semakin lama tidur, acara fisik yang selalu Anda lakukan akan berkurang sehingga dapat terjadi penurunan pada jumlah hormon endorfin yang berfungsi sebagai peningkat mood Anda.

Setelah Anda terbangun dari tidur panjang, maka Anda akan merasa lesu yang lebih lama dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembalikan mood positif, maka hal itu rentan terhadap depresi.

 Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Secara Sederhana

3. Diabetes dan Penyakit Jantung

Para peneliti menyampaikan bahwa diabetes dan penyakit jantung dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya tidur. Sebagian besar orang-orang yang sedang dalam kondisi ini mempunyai kebiasaan tidur berlebih.

Meskipun kekerabatan yang pastinya belum diketahui, obesitas yang menyertai orang yang tidur berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala pada umunya terjadi karena terlalu banyak berfikir atau stress, namun pada orang-orang yang tidur berlebihanpun dapat menyebabkan sakit kepala.

Hal itu karena, saat sesorang tidur berlebihan memilii dampak negatid pada neurotransmitter yang ada pada otak, sehingga dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala saat bangun.

5. Gaya Hidup

Dampak negatif dari terlalu kebanyakan tidur menyerupai lesu, sakit kepala, depresi dan mood yang buruk akan mengganggu pada acara dan peran sehari-hari Anda.

Kebanyakan tidur juga dapat membuat Anda mempunyai sedikit waktu untuk bersiap di pagi hari yang pada kesudahannya produktivitas harian Anda akan menurun.

 Beberapa Penyebab Utama Sakit Perut

 

Start typing and press Enter to search