-->

Cara Sehat dan Efektif Menyembuhkan Phobia

Cara Sehat dan Efektif Menyembuhkan Phobia
Source Image: Crutchfield Dermatology

Rasa cemas dan takut ialah salah satu hal yang biasa dimiliki oleh setiap orang. Namun apa kesannya jikalau cemasa dan takut itu terjadi secara berlebihan dan tidak dikendalikan?

Kondisi ibarat itu merupakan jenis penyakit yang terjadi pada mental, yang secara psikomedik disebut Axietas Phobic atau phobia. Secara umum bahwa phobia merupakan rasa cemas dan takut secara berlebihan terhadap mahluk hidup, suatu benda, dan kondisi tanpa alasannya ialah yang terperinci sesuai dengan aktual.

Phobia mampu terjadi karena beberapa faktor diantaranya traumatis sebelumnya pernah dialami oleh penderita, faktor keturunan dan faktor lingkungan.

Berdasarkan data yang tercatat, terdapat 150 jenis phobia. Sebagai usaha guna memudahkan cara penyembuhan phobia, para jago mengklasifikasikannya menjadi 3 jenis, yang diantaranya sebagai berikut dibawah ini.
  • Phobia spesifik merupakan rasa cemas dan takut terhadap benda, makhluk atau situasi tertentu ibarat ketinggian dan kecoa.
  • Phobia sosial adalah rasa takut dan cemas terhadap situasi sosial di lingkunganya ibarat misalnya keramaian, pesta dan keributan.
  • Phobia kompleks ialah jenis phobia yang dimana phobia spesifik dan phobia sosial dialami secara bersamaan.

Penderita phobia biasanya berpendapat, bahwa menghindari sesuatu yang membuatnya phobia merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Itu wajar, namun hal itu tidak mampu memprediksi area yang aman dan kapan waktu objek phobia muncul sehingga dapat dihindari.

Terlebih lagi, reaksi yang dihasilkan sangat menggangu baik itu untuk penderita maupun orang lain yang melihat atau mendengarnya.

Maka dari itu phobia harus disembuhkan, Bagaimana cara menyembuhkannya? Nah disini saya akan menunjukkan beberapa cara sehat dan efektif menyembuhkan phobia yang dilansir dari halosehat.com. Berikut dibawah ini beberapa cara ekektif yang dapat menyembuhkan phobia.

1. Hipnoterapi

Hipnoterapi merupakan cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi phobia. Dengan menanamkan sugesti-sugesti positif ihwal objek yang membuatnya phobia, yang sebelumnya dihipnotis. Dapat merangsang dan mensugesti alam bawah sadar sehingga rasa takut dan kecemasan akan hilang.

Meskipun cara ini bukan metode jangka panjang karena mampu kambuh jikalau kondisi psikis pasien labil. Namun banyak para jago yang merekomendasikan cara ini, alasannya ialah prosesnya yang smooth dan tidak beresiko.

2. Desentiasi

Desentiasi merupakan metode yang dimana penderita phobia akan dibuat dalam kondisi senyaman mungkin. Berbagai cara mampu dilakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman, mulai dari nonton film, mendengarankan musik, bercerita dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah penderita phobia dalam kondisi nyaman, barulah didatangkan objek yang membuatnya phobia. Dengan demikian, dibutuhkan dalam kondisi psikologi yang hening dapat besar lengan berkuasa terhadap turunnya reaksi dari rasa takut atau cemas yang muncul saat phobia.

3. Abreaksi

Abreaksi merupakan metode penyembuhan phobia yang dilakukan dengan cara menggunakan tehnik talk teatments. Abreaksi dilakukan dengan menjelaskan kepada penderita phobia ihwal objek yang membuatnya phobia.

Dengan menjelaskan objek yang ditakuti kepada penderita phobia, dibutuhkan penderita phobia mampu mengenal objek tersebut sehingga rasa phobianya berkurang, bahkan hilang.

4. Flooding

Metode ini dikategorikan ke dalam cara penyembuhan phobia yang paling ekstrim. Hal ini karena pasien akan dipaksa masuk ke dalam suatu ruangan dengan objek phobia selama beberapa waktu.

Sehingga pasien akan bereaksi sejadi-jadinya pada awal pengulangan metode ini. Biasanya penderita phobia akan mulai berkurang pada pengulangan ke-5, dan secara perlahan-lahan akan sembuh karena terbiasa dipaksa berada dengan objek phobianya.

5. Reframing

Metode ini hampir ibarat dengan Abreaksi, namun metode Reframming ini mengedepankan komunikasi mulut secara aktif.

Pada metode ini penderita phobia akan diinstruksikan untuk mengingat dan membayangkan kembali peristiwa yang membuatnya syok sehingga mengalami phobia.

Setelah itu penderita phobia akan diminta menceritakan peristiwa tersebut oleh psikiaternya. Ketenangan serta kefasihan pasien dalam bercerita menjadi salah satu indikator yang paling utama dalam metode ini.

Hal ini karena semakin fresh dan hening penderita phobia bercerita, maka dianggap reaksi phobia suatu objek akan berkurang dan hilang secara perlahan-lahan.

6. Cognitive behaviour Therapy

Metode ini mengedepankan adaptasi reaksi penderita phobia jikalau bertemu dengan objek yang ditakutinya.

Penderita phobia akan diajarkan bagaimana mengendalikan situasi biar reaksinya tidak berlebihan. Pada metode ini penderita phobia akan dimasukkan dalam bagan simulasi keseharian untuk berguru mempraktikan teori yang didapatkannya.

7. Self treatment

Self treatment ialah metode berdikari yang mampu dilakukan oleh setiap orang dirumah. Metode ini sangat bergantung kepada motivasi dan kesungguhan diri dalam upaya untuk sembuh dari phobia. Secara umum terdapat 3 langkah yang harus dilakukan olehpenderita phobia, yang diantaranya sebagai berikut dibawah ini.
  • Memotivasi diri untuk memberanikan menghadapi objek phobia.
  • Sengaja melihat objek yang membuat Anda Phobia secara berulang.
  • Menjaga contoh makan dan berolahraga biar tetap dalam kondisi hening sehingga mampu menekan tingkat stres yang timbul akhir phobia.

 Penyebab Mata Kuning Yang Disebabkan Oleh Gejala Penyakit Lain

Meskipun phobia dikategorikan kedalam penyakit kelainan sederhana, namun tetap saja hal itu dapat mengaggu diri sendiri dan orang disekitarnya. Oleh alasannya ialah itu sekecil apapun Phobia yang diderita,  disarankan untuk segera ditangani.

Itulah beberapa cara sehat dan efektif untuk menyembuhkan phobia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan phobia yang diderita cepat menghilang.

 

Start typing and press Enter to search