-->

Tips Memakai Lensa Kontak Tanpa Takut Infeksi

Lensa kontak atau dalam bahasa Inggris disebut contact lenses ketika ini bukanlah sesuatu yang asing. Karena lebih praktis, lensa kontak mulai banyak digunakan untuk memperbaiki tajam penglihatan sebagai pengganti beling mata.

Meskipun jarang bermasalah, pemakaian lensa kontak untuk acara sehari hari bukannya tanpa risiko. Bila penggunaannya tidak benar, lensa kontak berisiko menyebabkan terjadinya bisul mata yang parah.

Dari data CDC, dari 81% orang remaja yang memakai lensa kontak, masing masing memiliki satu kebiasaan buruk yang mampu menyebabkan terjadinya bisul pada mata. Beberapa kebiasaan buruk itu antara lain, memakai lensa kontak ketika tidur, tidak mengganti lensa kontak sesuai dengan yang dianjurkan dan berenang menggunakan lensa kontak.

Tapi kau gak perlu khawatir, lensa kontak yang beredar di pasaran ketika ini sudah sangat aman. Risiko terbesar pemakaian lensa kontak yaitu infeksi, jadi pencegahannya pun difoksukan pada pencegahan terjadinya infeksi.

Salah satu cara mencegah terjadinya bisul yaitu memperbaiki perilakumu dalam memakai lensa kontak. Berikut beberapa hal yang mampu kau lakukan untuk mencegah terjadinya bisul pemakaian lensa kontak:

  • Segera lepaskan lensa kontak ketika kau mengalami iritasi. Ciri ciri mata yang sedang mengalami iritasi antara lain kemerahan dan sakit. Segera ke dokter mata kalau gejala tersebut tidak hilang dalam beberapa hari.
  • Jangan tidur memakai lensa kontak. Menurut studi yang dilakukan CDC, tidur dengan memakai lensa kontak dapat meningkatkan risiko bisul pada mata hingga 6 kali lipat.
  • Segera ganti lensa kontak sesuai jadwal. Baca dengan baik masa pakai lensa kontakmu. Bila telah habis masa pakainya, segera buang dan ganti dengan yang baru.
  • Jangan membersihkan lensa kontak dengan air keran. Air keran banyak mengandung benalu yang mampu menyebabkan problem pada mata. Gunakan cairan khusus pembersih lensa kontak yang steril.
  • Jangan memakai lensa kontak ketika berenang. Air kolam banyak mengandung koman yang mampu terperangkap di dalam lensa kontak dan menjadikan problem bisul pada mata. 
  • Gunakan cairan khusus ketika menyimpan lensa kontak pada tempatnya. Segera kosongkan daerah lensa kontak begitu dipakai untuk menghindari kuman tumbuh di daerah lensa kontak.
  • Jika memungkinkan, gunakan lensa kontak yang sekali pakai.

 

Start typing and press Enter to search