-->

Cara Sehat Mengobati Batuk Secara Alami

Cara Sehat Mengobati Batuk Secara Alami

Cara Sehat Mengobati Batuk Secara Alami - Menghadapi ekspresi dominan pancaroba yang menyerupai sekarang ini, badan sering sekali terkena penyakit flu dan batuk. Batuk sendiri merupakan respons alami yang terjadi dari dalam badan sebagai sistem pertahanan pada akses pernapasan jikalau terdapat gangguan dari luar.

Pada umumnya batuk jarang mengindikasikan menjadi penyakit yang serius dan biasanya akan sembuh dalam waktu kurang lebih tiga minggu. Batuk ini tergolong ke beberapa jenis yang diantaranya ialah

Batuk Berdahak - Batuk yang dikenal dengan istilah batuk produktif ini merupakan batuk yang disertai dengan peningkatan produksi lendir atau dahak pada tenggorokan.

Batuk Kering - batuk yang dikenal dengan istilah nonproduktif ini merupakan batuk yang tidak disertai dengan dahak.

Batuk Alergi - Batuk yang merupakan batuk kering yang disertai dengan flu.

Batuk biasanya jarang membutuhkan langkah-langkah pengobatan yang serius, cukup diatasi dengan menggunakan obat alami untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan atau mengencerkan dahak supaya lebih mudah dikeluarkan.

 Cara Sehat Menghilangkan Pilek Secara Alami

Dan berikut dibawah ini beberapa materi alami yang dapat membantu mengobati batuk secara alami.

1. Belimbing wuluh

Apa anda tahu belimbing wuluh? kalau belum tahu, belimbing waluh ini merupakan jenis buah yang mempunyai rasa masam. Jika di makan buah ini memiliki rasa yang tidak enak, namun belimbing waluh ini sangat ampuh untuk dijadikan obat batuk alasannya ialah mengandung antibakterial.

Cara penggunaanya, siapkan 5 hingga 10 buah blimbing wuluh, lalu basuh hingga bersih dan haluskan dengan menggunakan blender. Kemudian campurkan dengan 1 cangkir air masak serta sedikit garam. Setelah itu peras dan saring campuran buah belimbing wuluh tadi dan minumlah 2 x sehari setiap pagi dan petang samapi batuk anda sembuh.

2. Daun kemangi

Daun kemangi ialah salah satu jenis dedaunan sering ditemui pada bumbu kuliner atau lalapan. Daun kemangi ini memiliki aroma yang khas dan hangat dikala ditenggorokan. daun kemangi ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan badan terutama untuk menyembuhkan batuk kering.

Caranya, siapkan 5 hingga 7 lembar daun kemangi, lalu rebuslah dalam 1 hingga 2 gelas air, dan yang terakhir saringlah air rebusan daun kemangi tadi dan minumlah air rebusan daun kemangi tersebut minimal 1x/ hari hingga batuk anda benar-benar sembuh.

 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami

3. Minuman campuran teh dan jahe

Mungkin untuk yang ini anda sudah pada tahu. Teh dan jahe memiliki banyak manfaat yang salah satunya ialah sebagai obat batuk.

Caranya, siapkan 1 jari jahe dan segelas teh hangat. Kemudian basuh jahe hingga bersih dan iris2, Setalh itu campurkan irisan jahe tadi dengan teh hangat. Lalu minumlah 2x/hari.

 Manfaat Jahe

4. Kencur

Siapkan satu buah rimpang kencur, terus basuh dan kunyah dengan menambahkan sedikit garam. Setelah itu telan sambil dibantu dengan minum air hangat. Lakukan cara ini 2 x sehari pada pagi dan sore hari.

5. Kunyit

Selain ampuh dalam mengobati sakit maag, ternyata kuncit ini juga dapat dijadikan sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat batuk cukup mudah, anda tinggal campurkan 1/2 sendok teh kunyit yang sebelumnya telah ditumbuk dan madu ke dalam gelas. Lalu minumlah air tersebut hingga habis.

6. Daun asam muda

Daun asam muda memiliki manfaat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan batuk kering. Caranya penggunaanya, siapkan daun asam muda setengah genggam, lalu campurkan dengan kayu manis, daun saga manis, dan gula kerikil secukupnya. Kemudian rebuslah dengan api kecil hingga mendidih dan saring.

Itulah cara sehat mengobati batuk secara alami, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan batuk yang anda alami cepat sembuh. Memang kalau dilihat dari cara medis batuk kering tidak separah menyerupai batuk berdahak, namun perlu diingat jangan pernah menyepelekan penyakit alasannya ialah batuk kering apabila dibiarkan dapat menginfeksi paru-paru dan menyebabkan batuk berdarah.

 

Start typing and press Enter to search