-->

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang Putih yang satu ini termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Bawang Putih biasa digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Selain itu bawang putih ini juga sering digunakan sebagai obat herbal dan yang paling terkenal ialah kemampuannya dalam mencegah kanker.

Bawang putih dapat bekerja secara maksimal, apabila dikonsumsi secara langsung. Namun sayangnya karena aroma-nya yang begitu menyengat membuat bawang yang satu ini tidak banyak dikonsumsi secara langsung. Melainkan hanya digunakan sebagai bumbu, sehingga khasiatnya hanya
sedikit.

Bawang putih telah digunkan sebagai obat alami semenjak zaman mesir kuno, kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih dapat digunakan sebagai obat. Allicin ini ialah salah satu komponen biologis aktif yang paling penting dan besar kandungannya pada bawang putih. Apa fungsi dari allicin ini ? ia merupakan zat anti bakteri.

Berikut dibawah ini beberapa fungsi Allicin yang terdapat pada bawang putih.
  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan
  • Dan anti anti mikroba/bakteri.

Hampir setiap tanaman atau bahan-bahan alami yang terdapat dialam memiliki khasiat masing-masing untuk kesehatan tubuh. Begitu juga dengan bawang yang satu ini, berikut dibawah ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh..

1. Anti Kanker

Kandungan sulfida alil yang terdapat pada bawang putih bisa mengatasi kanker, bahkan banyak yang mengatakan bahwa bawang putih merupkan anti kanker yang paling ampuh.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa "zat diallyl sulfida yang ada pada bawang putih dapat menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang dapat mengakibatkan kanker payudara".

Perlu diketahui bahwa bahwa bawang putih mempunyai zat anti kanker yang efektif guna mencegah pertumbuhan sel dari banyak sekali jenis kanker yang berbahaya bagi tubuh anda.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari WebMD, Bahwa bawang putih sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Bahkan efek ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah pada orang normal.

3. Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih merupakan obat herbal yang mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain terkenal dengan kandungan anti bakterinya, bawang putih juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Diantaranya sebagai berikut dibawah ini.
  • Vitamin C; Memenuhi 71 %.
  • Kalsium; Memenuhi 25 %.
  • Besi; Memenuhi 13 %.
  • Karbohidrat (45 gr); 15 %.
  • Serat (3 g); memenuhi 11 %.

4. Mengatasi Kolesterol Jahat (LDL)

Salah satu manfaat yang paling ampuh lainnya ialah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Bawang putih dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dari dalam tubuh secara signifikan hingga sebanyak 10-15%.

Anda tak perlu khawatir dengan HDL (kolesterol baik), meskipun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL. Namun tidak mempunyai efek yang berarti bagi HDL, sehingga kesehatan Anda akan tetap aman.

5. Efektif Untuk Kecantikan Kulit

Bukan hanya kesehatan tubuh saja yang ditopang oleh bawang putih, menyerupai halnya manfaat mentimun, bawang putih juga mempunyai khasiat yang ampuh untuk kecantikan kulit. Diantaranya sebagai berikut dibawah ini.

➧ Mengatasi Komedo : Komedo biasanya muncul pada kawasan hidung dan dapat mengurangi kepercayaan diri.

Cara penggunaanya cukup mudah Anda tinggal haluskan bawang putih, lalu oleskan pada kawasan yang dihinggapi komedo.

➧ Menghilangkan bekas luka : Bekas luka yang terdapat pada adegan kulit wajah terkadang membuat kepercayaan diri berkurang. Nah bawang putih memiliki sifat anti radang yang dapat membersihkan sisa luka pada kulit.

Cara penggunaanya Anda tinggal oleskan bawang putih yang sebelumnya telah di haluskan pada adegan noda bekas luka.

➧ Obat abuh : Dan yang terakhir ialah dapat menghilangkan jerawat.

Cara penggunaanya haluskan satu siung bawang putuh, lalu oleskan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, dan biarkan selama 10 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk menerima hasil yang maksimal.

6. Menurunkan Berat Badan

Zat anti inflamasi yang ada pada bawang putih bisa membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dari dalam tubuh.

Berat tubuh yang berlebihan atau sering disebut dengan obesitas terjadi pada dikala lemak terus terbentuk dari dalam tubuh.

Tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang sistem inflamasi.

Vinyldithiin zat yang ada pada bawang putih bisa menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentunya baik untuk mencegah berat tubuh berlebihan.

 Cara Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

7. Menghilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh basil yang ada pada gusi Anda. Sifat anti virus yang terdapat pada bawang putih dapat membasmi basil penyebab sakit gigi. Selain itu bawang putih juga mempunyai kandungan analgesik yang bisa mengatasi sakit gigi anda.

 Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Obat Herbal Alami

Efek Samping Bawang Putih

Bawang putih ini memiliki efek samping yang cukup berbahaya untuk kesehatan. Berikut dibawah ini beberapa efek samping bawang putih pada kesehatan yang dilansir dari WebMD.

⇉ Bawang putih berbahaya kalau dioleskan terlalu tebal pada kulit, hal itu karena dapat mengakibatkan kulit menyerupai bekas terbakar.

⇉ Kehamilan dan menyusui: Bawang putih sangat berbahaya kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh ibu hamil atau menyusui. Tak ada gosip lebih lanjut yang bisa diandalkan wacana keamanan bawang putih untuk ibu hamil atau menyusui.

⇉ Anak-anak : Selain pada ibu hamil dan menyusui, bawang putih juga berbahaya pada belum dewasa kalau dikonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar. Beberapa sumber menyatakan bahwa dosis tinggi yang terdapat pada bawang putih dapat membahayakan kesehatan bagi anak-anak. Namun, alasan untuk peringatan ini tidak diketahui.

⇉ Pendarahan : Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan perdarahan.

⇉ Masalah Pencernaan : Bawang putih dapat mengakibatkan iritasi pada akses gastrointestina (GI).

Nah itulah beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh. Gimana cukup banyak kan? Seperti yang saya bilang diatas bahwa setiap tanaman yang ada di alam pasi memiliki manfaatnya masing-masing meskipun ia memiliki bentuk yang sangat kecil.

 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh

 

Start typing and press Enter to search