-->

10 Alasan Mengapa Kita Harus Berhenti Minum Susu

Bila dulu, susu termasuk bab penting dari menu makanan sehat (4 sehat 5 sempurna), kini eksistensinya mulai dipertanyakan. Ada beberapa pihak yang mempertanyakan dan bahkan menentang keberadaan susu sebagai salah satu jenis minuman bergizi.

Dari beberapa goresan pena yang aku baca, berikut beberapa alasan yang diungkapkan oleh mereka yang mengatakan susu merupakan minuman yang tidak sehat.

1. Susu sapi diciptakan untuk anak sapi

Manusia merupakan satu satunya spesies yang minum susu setelah dewasa. Dan insan juga satu satunya spesies yang minum susu dari spesies yang lain.

2. Hormon

Alasan hormon tidak hanya alasannya ialah kandungan hormon pada susu sapi lebih berpengaruh daripada hormon manusia, namun juga alasannya ialah sapi kerap diberi suntikan steroid dan hormon lainnya untuk merangsang produksi susu. Hormon hormon ini tentu saja akan berdampak negatif bagi badan manusia.

3. Makanan sapi yang tidak alami

Kebanyakan sapi yang diternakan untuk menghasilkan susu diberi makanan yang mengandung GMO atau jagung yang direkayasa genetik, antibiotika, pestisida dan lain lain.

4. Produk susu bersifat asam

Ketika dimetabolisme, produk susu akan berkembang menjadi asam. Masuknya komplemen asam ke dalam badan dapat menganggu keseimbangan asam basa dan jikalau hal ini terjadi pada tulang maka akan menimbulkan tulang menjadi rapuh.

5. Hasil studi osteoporosis

Beberapa studi menyebutkan, negara negara peminum susu per kapita tertinggi di dunia ternyata juga memiliki insiden osteoporosis yang tinggi.

6. Tempat peternakan yang tidak manusiawi

Kebanyakan sapi penghasil susu hidup di peternakan yang tidak manusiawi. Mereka tidak pernah melihat padang rumput yang hijau.

7. Mengalami proses pasteurisasi

Kebanyakan produk susu mengalami proses pasteurisasi untuk membunuh kuman berbahaya. Saat proses pasteurisasi ini, vitamin, protein dan enzim ikut hancur terutama enzim yang membantu proses pencernaan. Hal ini menimbulkan susu yang masuk ke dalam perut menjadi susah untuk dicerna.

8. Merangsang produksi lendir

Produk susu yang dikonsumsi dapat merangsang produksi lendir di dalam badan terutama pada akses nafas.

9. Berhubungan dengan radang sendi (arthritis)

Beberapa studi menghubungkan konsumsi produk susu dengan kejadian radang sendi atau arthritis.

10. Mengalami proses homogenisasi

Kebanyakan produk susu mengalami proses homogenisasi untuk menambah jumlah proteinnya. Selain menyulitkan proses pencernaan, protein ini kerap dikenali sebagai 'benda asing' oleh badan sehingga merangsang reaksi alergi.

 

Start typing and press Enter to search