-->

Inilah Kebiasaan Buruk Yang Kerap Dilakukan Dan Bisa Merusak Ingatan

Pernahkah kau mengonsumsi makanan yang enak? Pasti ketika menyantapnya kau akan menikmati makanan tersebut dan makan hingga kekenyangan. Mungkin kau akan mempertimbangkan lagi kebiasaan itu jikalau tahu bahwa studi terbaru menyebutkan orang yang kerap kekenyangan cenderung akan mengalami penurunan daya ingat alias pikun.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Alzheimer's Disease menemukan relasi antara tingginya asupan kalori dengan penurunan fungsi kognitif. Mereka yang mengonsumsi kalori lebih dari 2143 kalori per hari memiliki risiko penurunan fungsi kognitif, dua kali lebih besar bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kalori dalam jumlah sedang.

Sebuah studi hewan yang dipublikasikan dalam Brain Imaging and Behavior juga menemukan adanya penurunan daya ingat jangka panjang pada hewan yang diberikan makanan berkalori tinggi. Meskipun pada studi itu juga disebutkan bahwa olahraga dapat menekan proses penurunan daya ingat namun olahraga tidak bisa mengembalikan daya ingat yang telah menurun.

Membaca kedua studi diatas maka sebaiknya kita mulai membatasi diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan, khususnya makanan yang sangat tinggi kadar kalorinya. Pilihlah makanan yang cepat membuat kenyang tanpa harus membebani badan dengan kalori yang berlebihan.

Pilihan makanan yang bisa cepat mengenyangkan, namun rendah kalori misalnya buah buahan dan sayur sayuran. Selalu ingat untuk melebihkan prosentase sayuran dan buah ketika kita mengonsumsi makanan sehari hari.

 

Start typing and press Enter to search