-->

Inilah Daftar Olahraga Yang Dapat Menguatkan Tulang

Semua orang pasti paham bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hampir seluruh organ badan akan mencicipi manfaat ketika seseorang bergerak aktif. Salah satu organ badan yang menerima manfaat tersebut yaitu tulang.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan massa tulang mencapai puncaknya pada masa puber hingga usia 20an tahun. Namun, ketika seseorang melewati usia 30an tahun, massa tulang akan mulai mengalami penipisan.

Penipisan tulang setelah usia melewati usia 30 tahun yaitu sebuah proses yang alamiah. Kondisi ini tentu saja akan berimbas pada kekuatan tulang, artinya tulang menjadi lemah dan mudah patah. Yang mengejutkan yaitu diantara ratusan tulang yang ada pada badan manusia, tulang belakang, tulang panggul, tulang pergelangan tangan dan tulang rusuk yaitu tulang tulang yang memiliki derajat penipisan tulang yang paling tinggi.

Kabar baiknya, olahraga ternyata dapat membantu menguatkan tulang yang mengalami penipisan tersebut. Olahraga akan menekan tulang sehingga merangsang tulang semoga lebih besar lengan berkuasa dan lebih padat.

Berikut beberapa kegiatan olahraga yang mampu kau lakukan untuk menguatkan tulang:

1. Naik turun tangga

Memilih menaiki tangga dibandingkan dengan eskalator dapat membantu menguatkan tulang. Naik turun tangga dapat menguatkan tulang tulang kaki dan panggul. Naik turun tangga juga dapat memperbaiki keseimbangan tubuh.

Peningkatan massa tulang ketika rutin naik turun tangga bahkan lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan ketika rutin berjalan atau berlari. Apalagi ketika naik turun tangga, kau melewatkan atau melompati satu tangga, massa tulang yang terbentuk akan makin kuat.

2. Berjalan

Berjalan kaki yaitu kegiatan yang cantik untuk tulang. Menurut penelitian, berjalan secara rutin dapat menurunkan risiko patah tulang hingga 30%. Masih menurut penelitian tersebut, berjalan selama 15 menit setiap hari dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Manfaat berjalan bagi tulang akan lebih banyak ketika berjalan di jalanan yang menanjak atau berjalan sambil membawa beban.

3. Lompat tali

Lompat dapat menguatkan tulang sebagai bab dari olahraga high impact. Lompat tali dapat menguatkan tulang kaki dan tulang panggul.

4. Olahraga beban

Olahraga beban yang dimaksud yaitu olahraga yang menggunakan beban badan ibarat push up, squats, dan lain lain. Olahraga beban semacam ini dapat membantu meningkatkan densitas tulang.

5. Angkat beban

Untuk menguatkan tulang, beban yang diangkat tidak harus terlalu berat. Sebuah penelitian menyebutkan, olahraga angkat beban pada wanita menopause dapat meningkatkan kepadatan tulang hingga 22%. Sebagai tahap awal, mulailah mengangkat beban yang ringan lalu naikkan beban secara bertahap.

6. Berlari

Seperti halnya olahraga beban yang lain, berlari juga mampu untuk menguatkan tulang. Namun, kekuatan tulang yang dihasilkan dari berlari tidak sebaik naik turun tangga atau berjalan kaki.

 

Start typing and press Enter to search