-->

Ini Alasan Mengapa Kentang Goreng Berhubungan Erat Dengan Kematian Dini


Kamu suka gorengan? Atau kau suka segala jenis makanan yang digoreng? Mungkin kau akan berubah pikiran jikalau tahu bahwa kerap mengonsumsi makanan yang digoreng dapat memperpendek usia.

Hubungan antara makanan yang digoreng dengan kegemukan dan penyakit jantung telah lama diketahui, namun pada studi yang dipublikasikan awal bulan ini ada perhiasan mengenai korelasi antara makan kentang goreng dengan risiko kematian.

Studi terbaru tersebut menyebutkan, orang yang rajin mengonsumsi kentang goreng (termasuk french fries), berisiko dua kali lipat mengalami janjkematian dini bila dibandingkan dengan mereka yang jarang makan kentang goreng.

Studi ini melibatkan 4.440 orang, berusia antara 45 hingga 79 tahun, yang diambil dari studi perihal cara mencegah dan mengobati osteoarthritis. Peneliti mengikuti mereka selama 8 tahun sambil ditanya perihal makanan yang dikonsumsi, termasuk makanan yang digoreng (kentang goreng).

Para peneliti fokus terhadap kentang goreng alasannya ialah penelitian sebelumnya perihal korelasi antara kentang goreng dengan risiko janjkematian belum pernah dilakukan. Studi sebelumnya hanya melihat korelasi antara kentang goreng dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan yang lain.

Setelah 8 tahun diperoleh kesimpulan, mereka yang rajin mengonsumsi kentang goreng memiliki risiko janjkematian dini dua kali lipat bila dibandingkan dengan kelompok orang yang jarang makan kentang goreng.

Apa yang menimbulkan korelasi kentang goreng dengan risiko kematian? Kemungkinan penyebabnya ialah alasannya ialah kentang goreng sangat tinggi kandungan lemak tidak sehatnya (trans fat) dan kadar garamnya pun sangat tinggi. Sebagaimana kita ketahui, konsumsi lemak tak sehat dan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko banyak sekali penyakit yang berbahaya.

 

Start typing and press Enter to search