-->

Cara Sehat Mengatasi Sembelit Secara Alami

Cara Sehat Mengatasi Sembelit Secara Alami

TUTORIALSEHAT.LIFE - Sembelit merupakan salah satu kondisi dimana kita jarang buang air besar yang terjadi karena problem pada kanal pencernaan.

Biasanya penderita sembelit akan kesusahan untuk mengeluarkan kotoran karena keras. Hal ini terjadi karena usus besar sudah menyerap terlalu banyak air dari makanan yang terdapat pada usus kecil.

Apabila makanan yang bergerak lambat pada dikala melalui kanal pencernaan, maka akan semakin banyak air yang diserap oleh usu besar. Sehingga, kotoran akan menjadi lebih kering dan keras.

Penderita sembelit biasanya akan sangat menyakitkan ketika buang air besar, bahkan sembelit akan mencegah keluarnya gas.

Apa saja penyebab sembelit?

Selain karena usus besar menyerap terlalu banyak air dari makanan, sembelit ini juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya sebagi berikut dibawah ini.

➽ Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat

Seseorang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup, kecil kemungkinan untuk terkena sembelit. Apabila Anda pecinta makanan yang rendah akan kandungan serat ibarat keju, daging dan telur.

Ada baiknya dari sekarang Anda tidak terlalu banyak makan-makanan yang mengandung lemak dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat ibarat sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Untuk mencegah sekaligus mengatasi problem pencernaan ibarat sembelit.

➽ Jarang melaksanakan olahraga

Seseorang yang jarang sekali melaksanakan kegiatan olahraga akan mudah sekali terkena sembelit. Dan biasanya hal ini terjadi kepada orang yang sudah lansia. Peneliti mengatakan bahwa "Pada dikala seseorang tidak banyak melaksanakan kegiatan dalam beberapa minggu, resiko terkena sembelit akan sangat tinggi".

Hal ini karena, pada dikala beraktifitas, metabolisme pada badan kita akan semakin tinggi dan membuat organ pada badan akan bekerja lebih cepat.

➽ Kuranya minum air

Banyak para andal yang berpendapat bahwa apabila seseorang telah mengalami sembelit. Mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak tidak akan meringankan sembelit.

Akan tetapi kalau banyak mengkonsumsi air pada dikala tidak terkena sembelit, maka hal itu dapat mengurangi resiko terkena sembelit.

Namun perlu diketahui banyak minum minuman yang mengandung alkohol, kafein, soda akan menimbulkan dehidrasi. Yang pada kesudahannya dapat memperburuk sembelit.

Bagaimana cara mengatasi sembelit?

Nah setelah kita mengetahui sekilas wacana sembelit dan beberapa penyebab dari sembelit. Sebenarnya sembelit ini akan sembuh dengan sendirinya, namun karena menahan sakitnya yang luar bisa. Banyak orang yang mencari cara biar sembelt cepat-cepat hilang dari dalam tubuhnya. Berikut dibawah ini beberapa cara sehat mengatasi sembelit secara alami.

1. Mengkudu

Buah pace atau dikenal dengan buah mengkudu ini memiliki kandungan alkaloid triterpenoid yang berguna untuk mengatasi problem pada pencernaan ibarat sembelit.

Cara mengatasi sembelit dengan mengkudu:
  • Pertama-tama parut buah mengkudu diparut.
  • Lalu masukan kedalam wadah dan tambahkan sedikit garam.
  • Aduk sampai merata, terus peras. 
  • Setelah itu minumlah air perasan tadi.

2. Temulawak

Salah satu jenis rempah-rempah yang satu ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur, selain itu temulawak ini juga dapat digunakan sebagi obat untuk mengatasi sembelit.

Cara mengatasi sembelit dengan temulawak:
  • Siapkan rimpang temulawak dan biji saswi secukupnya.
  • Lalu haluskan menggunakan blender.
  • Setelah itu peras dan air minumlah perasan temulawak dan biji saswi tadi.

Supaya rasanya lebih manis, Anda dapat menambahkan sedikit gula jawa. Ulangi cara ini sampai problem sembelit sembuh.

3. Lidah Buaya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jenis tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan badan terutama untuk mengatasi sembelit. Lidah buaya mengandung anthraquinone yang merupakan zat pencahar.

Cara mengatasi sembelit dengan pengecap buaya:
  • Siapkan beberapa tangkai tanaman pengecap buaya.
  • Lalu potong menjadi beberapa bagian, terus kupas kulitnya dan ambil dagingnya saja.
  • Selanjutnya rebus daging pengecap buaya hingga mendidih.
  • Supaya rasanya manis tambahkan madu.
  • Kemudian minum air rebusan pengecap buaya ini minimal sehari 2x

 Manfaat Lidah Buaya

4. Pepaya

Pepaya mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dan kaya akan vitamin c. Selain itu pepaya juga memiliki kandungan Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Serta kandungan nutrisi yang dapat mengatasi susah buang air besar. So dengan mengkonsumsi pepaya dapat menyembuhkan sembelit secara perlahan-lahan.

 Manfaat Buah Pepaya

5. Kenyit 

Senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit bisa melapisi dinding usus, sehingga fases dapat dengan mudah keluar dari tubuh. Cara penggunaanya cukup dengan menghaluskan kunyit lalu peras dan air kunyit, lalu minumlah airnya secara rutin.

Manfaat Kunir atau Kenyit Untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa cara sehat untuk mengatasi sembelit secara alami. Pilihlah salah satu cara yang cocok dengan Anda, lalu lakukanlah cara tersebut secara rutin setiap hari sampai sembelit sembuh.

 

Start typing and press Enter to search