-->

Cara Sehat Mencegah Penyakit Diabetes Secara Alami

Cara Sehat Mencegah Penyakit Diabetes Secara Alami

TUTORIALSEHAT.LIFE - Penyakit diabetes merupakan dimana kodisi tubuh tidak mampu memproses makanan untuk dijadikan energi bagi tubuh. Sebagian besar makanan yang dimakan oleh kita akan bermetamorfosis glukosa. Diabetes sendiri disebabkan oleh Pankreas yang gagal mengelola gula darah menjadi energi.

Selain itu penyakit diabetes juda dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya keturunan, genetic, kegemukan (obesitas), contoh makan yang tidak seimbang, kurang berolahraga, jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

So apabila sebgaian makanan yang dikelola oleh pankreas hanya menjadi gula darah saja, sehingga pada hasilnya kadar gula darah pada tubuh akan melebihi batas dan hal itu sangat berdampak pada berkurangnya energi dalam tubuh kita.

Pankreas merupakan kelenjar yang ada pada perut belakang atau di samping usus kecil. Pankreas memiliki dua fungsi yang diantaranya melepaskan enzim pada pencernaan yang masuk ke dalam usus kecil guna membantu pencernaan makanan dan melepaskan hormon insulin sekaligus glukagen kedalam fatwa darah.

Dalam dunia kedokteran penyakit diabetes dikenal dengan penyakit diabetes mellitus atau sekumpulan penyakit metabolik yang dimana seseorang mempunyai kadar gula darah yang tinggi pada tubuhnya, baik itu karena sel-sel pada tubuh sudah tidak merespon insulin dengan baik atau karena produksi insulin yang tidak mencukupi.

Penderita kadar gula dara tinggi biasanya mengalami poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (mudah haus), dan polifagia (mudah lapar). Diabetes harus cepat-cepat ditangani, karan kalau telat ditangani penyakit diabetes akan mengakibatkan beberapa penyakit lainnya pada tubuh.

Nah untuk itu sebelum terkena penyakit diabetes ini, kita harus mencegahnya terlebih dahulu karena dalam dunia penyakit lebih baik mencegah dari pada mengobati. Berikut dibawah ini cara sehat mencegah penyakit diabetes secara alami.

1. Menjaga Pola Makan

Mengatur contoh makan yang seimbang sangat baik untuk tubuh kita, selain itu hal ini juga baik untuk mencegah penyakit menyerupai diabetes.

Seperti yang aku bilang diatas bahwa penyakit diabetes disebabkan oleh pla makanan yang tidak seimbang. Nah untuk itu kita perlu melaksanakan sebalinya yaitu melaksanakan contoh makan yang seimbang.

Dan perlu diketahui apabila contoh makanan tidak terkontrol, terlebih bila terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol dari dalam tubuh terus memuncak.

2. Menjaga Berat Badan

Berat tubuh yang berlebihan atau sering disebut juga dengan obesitas dapat menyebabkan kadar gula darah dari dalam tubuh berlebihan, hal inilah yang memicu adanya penyakit diabetes.

Maka dari itu kita perlu menjaga berat tubuh biar tetap ideal. Nah untuk menjaga berat bada kita tetap ideal, kita harus rajin berolahraga atau menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap harinya.

3. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga setiap hari atau semiggu sekali secara rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan banyak yang percaya dengan rajin berolahraga dapat terhindar dari banyak sekali jenis penyakit, salah satunya yakni diabetes.

4. Banyak Minum Air Putih

Air putih mempunyai fungsi yang sangat baik untuk tubuh salah satunya yakni menstabilkan tekanan darah tinggi dan menetralisir gula darah.

Sehingga dengan begitu, hal ini sangat dianjurkan untuk kita rutin meminum air putih setiap harinya untuk menetralisir kadar gula darah dari dalam tubuh biar tetap stabil.

5. Menghindari Minuman Manis Olahan

Minuman masis yang diolah rata-rata memiliki kandungan Glekimik yang cukup tinggi dan kandungan karbohidrat yang dapat memicu meningkatnya kadar gula darah dari dalam tubuh.

Minuman manis olahan dengan indeks glekimik yang tinggi merupakan salah satu jenis minuman yang cepat dicerna oleh tubuh, sehingga kadar dula darah pada tubuh akan meningkat secara signifikan.

6. Jauhi Meminum Beralkohol dan Kurangi minuman Bersoda

Apabila kita meminum minum minuman yang berAlkohol dapat menyebabkan naiknya efisiensi insulin. Dengan demikian hal itu dapat meningkatkan jumlah glukosa dari dalam sel. Hal ini sama halnya dengan minuman ber Soda.

7. Berhenti atau Kurangi Merokok

Apabila anda seorang peroko, ada baiknya anda mulai dari sekarang mengurangi kalau mampu menghentikan acara merokok.

Merokok merupakan salah satu acara yang dapat menyebabkan rusaknya kesehatan tubuh. Prokok yang aktif sangat beresiko mempunyai penyakit diabetes daripada dengan orang yang tidak merokok.

Itulah cara sehat mencegah penyakit diabetes secara alami. Apabila ingin terhindar dari peynakit diabetes sebaiknya ikuti beberapa cara diatas terutama melaksanakan olehraga secara teratur dengan benar. Diabetes dapat menyerang siapa saja, di usia berapa pun orang mampu beresiko terkena penyakit diabetes.

 Cara Sehat dan Cepat Membakar Kalori dalam Tubuh

 

Start typing and press Enter to search