-->

6 Herbal Penting Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Apakah kau kerap mengalami problem pencernaan sehingga menganggu aktivitasmu sehari hari? Tenang, kau tidak sendirian. Ada banyak orang yang kerap mengalami problem pada sistem pencernaannya. Masalah pencernaan itu antara lain perut kembung, kekenyangan, asam lambung meningkat dan diare.

Ada info baik untuk kau yang kerap mengalami problem pencernaan. Menurut para ahli, terdapat beberapa jenis herbal yang mampu membantu menyehatkan fungsi sistem pencernaan. Sudah barang tentu dengan menggunaan obat obatan tradisional ibarat herbal, efek samping berbahaya mampu dicegah.

Berikut 6 herbal penting yang mampu membantu menyehatkan sistem pencernaanmu:

Jahe
Jahe sudah digunakan untuk mengatasi problem pencernaan semenjak berabad era yang lalu. Faktanya, beberapa studi menunjukan, jahe dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah. Tidak ibarat obat obatan kimia, jahe tidak mengakibatkan efek samping yang berarti.

Tambahkan jahe segar ketika memasak makanan, atau taburkan bubuk jahe pada makanan sebelum disantap.

Chanomile
Chanomile ialah salah satu jenis herbal yang aman bagi tubuh. Chanomile memiliki khasiat sebagai anti inflamasi dan anti spasmodik yang dapat mengatasi beberapa problem umum pada sistem pencernaan. Beberapa problem pencernaan yang mampu diatasi dengan chanomile ialah perut kembung, kram perut, maag dan mual. Herbal ini juga bermandaat untuk meredakan kecemasan.

Chanomile terseda dalam bentuk kapsul yang dikonsumsi 400 hingga 1600 mg per hari. Atau kau mampu mengonsumsi chanomile dalam bentuk teh.

Dandelion
Beberapa studi membuktikan, daun atau akar dandelion bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan merangsang nafsu makan. Dandelion membantu pelepasan asam lambung dan asam empedu sehingga berujung pada peningkatan kesehatan sistem pencernaan.

Herbal ini juga merupakan nutrisi penting untuk membersihkan dan memperbaiki fungsi liver. Gunakan daun atau akar dandelion sebagai teh atau mampu mengonsumsi eksklusif daun dandelion segar sebagai salad.

Peppermint
Studi menunjukan, setelah diberikan kaspul minyak peppermint, pasien yang menderita irritable bowel syndrome mengalami penurunan gejala nyeri perut (40%) dan penurunan gejala kembung (50%). Pada studi yang dilakukan di Jerman, penderita maag kronis mengalami penurunan keluhan setelah mengonsumsi peppermint.

Peppermint mampu dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau dibuat teh.

Jeruk nipis
Herbal ini telah digunakan semenjak dulu sebagai obat untuk mengatasi problem pencernaan. Jeruk nipis mengandung anti oksidan yang membantu mengatasi perut kembung dan maag.

Campur jeruk nipis dan air hangat lalu konsumsi untuk mengatasi problem pencernaan.

Bawang putih
Tahukah kau bahwa bawang putih mampu membunuh benalu yang ada di sistem pencernaan. Bawang putih juga bermanfaat untuk membantu mengatasi problem pencernaan ibarat radang usus besar dan diare.

Bawang putih juga membantu memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan kulit dan menurunkan kadar kolesterol. Pastikan kau selalu menambahkan bawang putih pada kuliner sehari hari.

 

Start typing and press Enter to search