-->

Inilah Manfaat Lain Dari Pil KB Yang Wajib Kamu Tahu

Pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang kerap dipilih para ibu alasannya kepraktisannya. Pengguna pil KB tidak direpotkan oleh keharusan untuk mengunjungi kawasan layanan kesehatan untuk ber-KB. Minum pil KB juga tidak menyakitkan menyerupai halnya suntik KB atau pasang IUD.

Tapi, tahukah kamu? Selain sebagai salah satu metode kontrasepsi, pil KB juga memiliki manfaat lain di bidang kesehatan. Berikut beberapa manfaat pil KB bagi kesehatan:

1. Membantu mengatasi jerawat

Rutin minum pil KB dapat menurunkan kadar hormon androgen. Sebagaimana diketahui, androgen yaitu hormon yang merangsang produksi minyak pada kulit.

2. Mencegah kista ovarium

Jika tidak terjadi ovulasi (akibat dari minum pil KB) maka kemungkinan munculnya kista pada ovarium juga tidak terjadi.

3. Mengurangi pertumbuhan rambut pada wajah

Pil KB membantu mengatur kadar hormon di dalam tubuh. Hal ini menjadikan pertumbuhan rambut pada wajah, dada dan dagu mampu dikurangi.

4. Meredakan gejala kista payudara

Tidak hanya pada ovarium, kista juga mampu muncul pada payudara. Bila payudara telah muncul kista (fibrokistik), maka pil KB dapat meredakan gejala yang muncul.

5. Meredakan nyeri haid

Pil KB dapat menipiskan lapisan bab dalam rahim. Penipisan ini menjadikan berkurangnya darah haid dan konstraksi rahim ketika mengeluarkan darah haid.

6. Mencegah anemia kekurangan zat besi

Karena darah haid yang keluar berkurang maka risiko anemia kekurangan zat besi juga akan berkurang.

7. Mencegah beberapa jenis kanker

Beberapa jenis kanker dapat dicegah dengan konsumsi pil KB. Menurut studi tahun 2013, minum pil KB dapat menurunkan risiko kanker usus besar hingga 14%, menurunkan risiko kanker endometrium hingga 43%. Rutin minum pil KB juga menurunkan risiko kanker ovarium hingga 50%.

 

Start typing and press Enter to search