-->

Ini Akibatnya Bila Saat Hamil Tidak Makan Daging

Salah satu referensi makan yang cukup digemari oleh aneka macam kalangan yaitu referensi makan vegetarian atau referensi makan yang mengharamkan konsumsi daging. Namun, tampaknya referensi makan vegetarian yang dilakukan oleh ibu hamil harus dipertimbangkan lagi.

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, ibu hamil yang menerapkan referensi makan vegetarian berisiko melahirkan anak anak yang kelak menjadi pecandu obat obatan terlarang. Kecanduan obat obatan terlarang ini diduga alasannya yaitu ibu hamil tidak menerima vitamin B12 yang cukup pada masa kehamilan.

Sebagaimana diketahui, vitamin B12 banyak terdapat pada makanan yang bersumber dari hewan. Orang vegetarian sangat berisiko kekurangan vitamin B12 alasannya yaitu tidak mengonsumsi daging. Mereka wajib memenuhi kebutuhan vitamin B12 melalui komplemen tambahan.

Selain menjadi pecandu obat obatan terlarang, anak anak yang lahir dari ibu hamil yang tidak makan daging juga berisiko menjadi perokok, peminum minuman alkohol dan pengguna ganja.

Namun, studi ini masih sangat lemah dan memerlukan studi lanjutan yang lebih kuat untuk memastikan kekerabatan antara konsumsi daging di masa kehamilan dengan referensi kecanduan obat obatan terlarang pada anak.

Selama ini diketahui, kekurangan vitamin B12 dikala hamil memang akan besar lengan berkuasa terhadap tumbuh kembang anak, tapi untuk hubungannya dengan kecanduan obat obatan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Studi yang dipublikasikan dalam journal Alcoholism: Clinical and Experimental Research ini menganalisa data lebih dari 15.000 bayi yang lahir antara tahun 1991 dan 1992 di wilayah Bristol. Data bayi ini kemudian dipisahkan dan dibandingkan antara bayi yang lahir dari ibu vegetarian dengan ibu yang non vegetarian.

Setelah mengamati angka kecanduan alkohol, obat obatan terlarang dan kebiaaan merokok pada masing masing responden, peneliti berkesimpulan adanya temuan kekerabatan antara referensi makan vegetarian dikala hamil dengan peningkatan risiko kecanduan zat zat terlarang.

Menurut pimpinan studi Dr Joseph Hibbeln, ibu hamil sebaiknya mencukupi kebutuhan gizinya dengan baik. Kekurangan salah satu zat gizi akan bepengaruh terhadap tumbuh kembang anak khususnya perkembangan dari otak anak.

 

Start typing and press Enter to search