-->

10 Kebiasaan Yang Menyebabkan Seseorang Makan Berlebihan, Yang Nomor 3 Kerap Kamu Lakukan

Makan berlebihan atau kekenyangan kerap membuat perasaan bersalah dan tentu saja membuat upaya menurunkan berat tubuh menjadi sangat sulit. Menurut para ahli, makan berlebihan justru kerap terjadi karena kebiasaan kebiasaan keliru yang dilakukan dikala makan.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang dilakukan dikala makan yang menjadikan seseorang makan secara berlebihan:

1. Mengabaikan kalori

Perhitungan jumlah kalori memang sangat sulit dilakukan dengan mata telanjang, apalagi dikala itu perut dalam keadaan lapar. Namun kau mampu mempelajari komposisi kalori masing masing jenis makanan sebelumnya. Lakukan secara terus menerus sehingga kau mampu sedikit mengingat jumlah kalori dan porsi makan yang sempurna dikala mengonsumsi suatu makanan.

2. Program diet yang terlalu ketat

Program diet yang terlalu ketat akan membuat kekerabatan yang tidak baik dengan makanan. Artinya, kau akan merasa bersalah dikala mengonsumsi junk food. Dan perasaan bersalah ini dapat menjadikan kau makan secara berlebihan. Faktanya, beberapa studi menunjukan, aktivitas diet yang terlalu ketat akan menjadikan seseorang mengonsumsi makanan makanan yang sesungguhnya tidak diperbolehkan.

3. Makan sambil menonton televisi

Makan sambil menonton televisi atau bermain gadget oleh para andal disebut dengan makan tanpa perasaan. Artinya, kau berisiko mengonsumsi makanan secara berlebihan karena dikala itu pikiranmu tidak konsentrasi untuk makan. Jangan melaksanakan sesuatu dikala makan, fokuslah terhadap makanan dan makanlah pelan pelan.

4. Makan terlalu cepat

Berapa lama waktu yang kau butuhkan untuk mengosongkan piring makanan? Kurang dari 10 menit? Ada kabar buruk untuk kau ketahui, hormon membutuhkan waktu 20 hingga 30 menit untuk memberi tahu otak kalau kau dikala itu sudah kenyang. Artinya, dikala kau merasa kenyang maka sejatinya kau telah mengonsumsi makanan dengan jumlah 2 hingga 3 kali lipat dari yang seharusnya.

5. Tidak mampu membedakan antara haus dan lapar

Kebanyakan orang tidak mampu membedakan antara haus dan lapar. Itu sebabnya dianjurkan untuk minum terlebih dahulu dikala kau merasa lapar. Bila setelah minum kau merasa kenyang maka dikala itu sejatinya kau hanya haus.

6. Kurang tidur

Studi menemukan, seseorang akan mengonsumsi kalori 20% lebih banyak dikala mengalami gangguan tidur. Artinya, orang yang seharusnya mengonsumsi 2000 kalori dalam sehari akan mengonsumsi perhiasan 400 kalori dikala begadang.

7. Terbiasa makan berlebihan

Jika kau makan berlebihan setiap hari maka itu akan menjadi suatu kebiasaan. Sudah menjadi sesuatu yang normal bagi seseorang yang terbiasa makan berlebihan akan mengonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan.

8. Melewatkan waktu makan

Studi menemukan, mereka yang kerap melewatkan waktu makan berpotensi mengonsumsi makanan secara berlebihan. Misalnya, orang yang tidak sarapan akan makan berlebihan pada dikala makan siang, demikian seterusnya.

9. Kebiasaan makan setelah olahraga

Kita kerap menyaksikan orang yang makan semaunya pasca olahraga. Makan semaunya ini artinya mereka mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ironisnya, di daerah tempat olahraga justru banyak dijual makanan yang tidak sehat ini. Biasakanlah membawa makanan yang sehat bila kau harus makan setelah melaksanakan olahraga.

10. Makan dengan piring yang besar

Makan menggunakan piring besar berisiko menjadikan kau mengonsumsi makanan secara berlebihan. Gunakanlah piring yang lebih kecil sehingga kau mampu mengurangi porsi makan dan ada perasaan bersalah/malu dikala harus menambah makanan.

 

Start typing and press Enter to search