-->

10 Alasan Kenapa Yoga Bagus Untuk Kesehatan

Yoga merupakan aktifitas fisik yang menggabungkan antara olahraga pernafasan, meditasi dan postur. Menurut sejarahnya, yoga sudah ada semenjak 5000 tahun yang lalu.

Tapi, benarkah yoga bermanfaat bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat yoga yang saya himpun dari aneka macam macam sumber:

Melapangkan jalan nafas

Latihan yoga dapat membantu meringangkan serangan asma. Latihan pernafasan pada yoga menjadikan penderita asma lebih bisa melawan serangan asma yang terjadi.

Menajamkan daya ingat

Orang cukup umur yang rajin latihan yoga memiliki kemampuan menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dan sempurna ketika dilakukan tes kemampuan kognitif. Kemampuan olah nafas pada yoga juga bermanfaat untuk membantu meredakan stress.

Meredakan nyeri radang sendi

Menurut studi, penderita radang sendi rematik dan keluhan lain pada sendi, mengalami penurunan keluhan sebanyak 20% setelah melaksanakan latihan yoga selama 8 minggu. Diduga hal ini karena yoga mengombinasikan antara aktifitas fisik dan administrasi stress.

Membantu meredakan stress

Studi yang dilakukan pada tahun 2016, orang cukup umur yang secara teratur melaksanakan latihan yoga selama 8 ahad mengaku stress yang dialami banyak berkurang.

Meningkatkan keharmonisan rumah tangga

Pria yang rutin melaksanakan latihan yoga, terbukti lebih bisa memuaskan pasangannya ketika di ranjang. Demikian menurut studi yang dilakukan pada tahun 2010. Kondisi yang sama juga dialami oleh wanita pada penelitian ini.

Mengurangi keluhan nyeri pinggang

Penguatan otot otot tulang belakang ketika latihan yoga terbukti bisa meredakan keluhan nyeri pinggang kronis yang dialami oleh pasien. Keluhan ini mulai dirasakan berkurang setelah latihan yoga selama 12 minggu.

Meredakan inflamasi

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari UCLA, latihan yoga dengan durasi 12 menit setiap hari selama 8 ahad dapat membantu menurunkan respon inflamasi yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Bila dikombinasikan dengan pengaturan diet, yoga juga bisa membantu menurunkan berat tubuh dan mempertahankan berat tubuh tersebut tetap dalam kondisi sehat. Kemampuan mempertahankan penurunan berat tubuh pada pelaku yoga juga lebih baik, mungkin hal ini disebabkan karena pelaku yoga lebih disiplin melaksanakan yoga karena pertolongan dari pelaku yoga yang lain.

Membantu meredakan nyeri leher

Studi yang dilakukan di Eropa, pelaku yoga yang secara rutin melaksanakan yoga, dalam 10 minggu, keluhan yang ada di leher mengalami perbaikan yang signifikan. Kondisi ini mungkin disebabkan karena penguatan pada otot otot yang menyangga tulang leher.

Mengurangi kunjungan ke dokter

Sebuah studi di Amerika Serikat menyimpulkan, pelaku yoga, meditasi dan sejenisnya lebih jarang berobat ke dokter kalau dibandingkan dengan sobat temannya yang lain. Kondisi ini menguatkan bukti bahwa terjadi kekerabatan yang bersahabat antara stress dan kesehatan fisik untuk terjadinya penyakit.

 

Start typing and press Enter to search